5 Cara Mengerjakan Soal Ujian dengan Cepat dan Benar

Ujian adalah momen di mana tahap akhir dari sebuah pembelajaran untuk naik kelas. Ujian biasanya dilakukan di sejumlah sekolah baik itu tingkat dasar, menengah, hingga akhir. Bahkan di perguruan tinggi pun masih ada ujian.

Sebenarnya dalam mengerjakan soal ujian tidak perlu terburu-buru. Namun, apalah daya jika waktu tinggal sedikit dan mengharuskan kamu gercep alias gerak cepat. So, di bawah ini adalah rangkaian cara mengerjakan soal ujian agar cepat dan juga hasilnya benar.

1. Kerjakan Soal yang Lebih Mudah

Dimanapun tempatnya, hal yang lebih baik dilakukan sebenarnya adalah dengan mengerjakan soal ujian yang paling mudah dulu. Mengapa? Dengan mengerjakan soal ujian yang lebih mudah, pastinya kamu akan lebih cepat menemukan jawaban.

Selain itu, akan kami tegaskan kembali, bahwa mengerjakan soal ujian tujuannya adalah mendapatkan score sebanyak-banyaknya. Tips jitu dari kami adalah dengan meyakinkan diri sendiri, bahwa jawaban yang kamu tulis akan mempengaruhi jawabannya.

Jika sudah ditanamkan mindset seperti ini, kedepannya kamu pun tidak akan sembarangan dalam menjawab soal ujian. Sekalipun sedang terburu-buru, usahakan tetap dalam keadaan tenang agar pikiran dapat berpikir jernih.

2. Tinggalkan Soal yang Sulit

Tahukah kamu? Mengerjakan soal ujian sebenarnya tidak harus urut dari nomor 1, 2, 3, dst. Melainkan kamu harus menemukan soal yang lebih mudah lebih dulu. Cara menemukan soal yang lebih mudah bisa dilakukan dengan membaca cepat.

Nah! Sementara itu, saat kamu menemukan soal yang dirasa sulit ya tinggalkan saja. Soal yang sulit bisa dikerjakan menyusul, karena dengan kesulitan soal tersebut akan menguras banyak waktu sehingga keinginan mengerjakan ujian dengan cepat dan benar sulit tercapai.

3. Target Pengerjaan

Siapa sangka jika target dalam mengerjakan soal ujian juga diperlukan? Terlebih saat kita menjumpai adanya soal-soal berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia yang memiliki bacaan panjang. Misalkan kamu diberi waktu menjawab 1 soal 70 detik, mana sempet?

Oleh karenanya, strategi dalam menjawab soal sangat diperlukan. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa teknik membaca soal sangat perlu di saat sedang ujian. Ada baiknya kamu sering-sering berlatih mengerjakan soal ujian bahasa Inggris atau bahasa Indonesia supaya terbiasa.

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus pastikan bahwa menguasai matematika dasar sangat penting sekali. Tidak ada waktu yang lebih banyak untuk menjawab soal-soal ujian. Oleh karenanya, kamu harus tentukan mulai dari berlatih.

4. Sisakan Waktu Lebih

Sekalipun kamu sudah selesai lebih awal dalam mengerjakan soal-soal ujian, pastinya kamu juga butuh waktu tambahan untuk mengoreksi kembali jawaban yang sudah terisi. Jangan sampai sudah mengisikan jawaban tetapi tidak melakukan penelitian.

Sangat penting buat kamu yang akan menumpuk jawaban untuk diteliti lebih dulu. Maka dari itu, inilah fungsinya mengerjakan soal ujian dengan cara dibagi waktunya. Dengan membagi waktu, kaku jadi akan punya waktu lebih untuk memeriksa jawaban.

5. Berdoa

Banyak orang yang sering kelupaan akan bagian yang satu ini, nih! Padahal berdoa sangat penting. Biasanya berdoa dengan tujuan untuk memohon pada Tuhan agar diberikan kemudahan saat mengerjakan soal ujian.

Maka tidak heran saat kamu membaca soal ujian, sebelumnya harus berdoa terlebih dahulu. Begitupun saat usai mengerjakan soal ujian. Kaku juga harus berdoa dan berserah diri agar memperoleh hasil yang terbaik. So, apapun hasilnya, itulah yang terbaik.

Leave a Comment