6 Cara Mengajari Anak Pandai Menggambar

Salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat sekaligus menyenangkan bagi anak adalah menggambar. Dengan menggambar seorang anak akan terlatih perkembangan emosi, perkembangan fisik serta yang paling penting adalah mampu meningkatkan daya kreativitas anak. Ada beberapa cara mengajari anak pandai menggambar yang harus orang tua perhatikan.

JANGAN MEMAKSA ANAK

Bagi orang tua hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah sekalipun memaksa sang anak untuk menggambar. Hal ini karena jika kita memaksanya maka bukannya anak menjadi semangat untuk belajar, namun mood dan keinginannya malah hilang.

Sebaliknya bangun komunikasi yang baik dengan anak dan ajaklah ia berlatih menggambar dengan cara-cara yang menyenangkan agar anak menjadi semangat sehingga nantinya keinginan untuk menggambar di kemudian hari memang benar-benar terbentuk dari dalam dirinya sendiri.

MENGGAMBAR BENTUK SEDERHANA

Cara mengajari anak pandai menggambar pertama yang dapat dilakukan oleh orang tua ketika mengajari anaknya menggambar adalah dengan membuat bentuk-bentuk yang sederhana terlebih dahulu. Diantara bentuk-bentuk sederhana itu adalah gambar buah atau benda yang ada di sekitarnya, seperti menggambar buah jeruk, buah apel lemari pakaian yang bentuknya kotak dan lain-lain.

MEMBOLEHKAN ANAK MENJIPLAK GAMBAR

Kebanyakan anak memanglah suka menjiplak apa yang dilakukan oleh orang terdekatnya. Hal ini juga berlaku dalam kegiatan menggambar. Pada masa awal-awal belajar menggambar biasanya anak suka menjiplak atau meniru apa yang digambar oleh orang tuanya (yang mengajarinya).

Jika hal ini juga terjadi pada buah hati Anda, jangan dilarang. Pasalnya metode menjiplak gambar orang terdekatnya ini disinyalir mampu memancing daya kreativitas otak anak.

MEMFASILITASI ANAK DENGAN PERLENGKAPAN GAMBAR

Jika kita ingin agar anak kita pandai menggambar, maka sebagai orang tua kita juga haruslah memfasilitasi sang anak dengan perlengkapan yang bisa mendukung gambar-gambar yang di buatnya seperti pensil warna atau krayon warna-warni.

Jika kita memfasilitasinya dengan peralatan yang lengkap maka hal ini juga akan mendorong sang anak untuk semakin semangat dalam berlatih menggambar.

Selain itu dengan peralatan yang lengkap maka daya imajinasi sang anak akan semakin luas, ia dapat mengekspresikan apa yang ada di fikirannya dan bebas menuangkannya ke dalam secarik kertas.

JANGAN PERNAH SEKALI-KALI MEMBATASI ANAK UNTUK MENGGAMBAR SUATU HAL

Hal ini menjadi sangat penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Biarkan sang anak bebas menggambar dalam artian bebas mengekspresikan apa yang ingin di gambarnya. Jangan pernah sekali-kali membatasi kreativitas anak untuk menggambar suatu hal, misal hanya boleh menggambar A saja.

Seiring bertambahnya usia anak daya imajinasinya juga akan semakin berkembang. Misal pada suatu hari ketika ia sedang jalan-jalan di taman ia melihat bunga yang menurutnya indah dan ada keinginan untuk menggambarnya maka biarkan saja. Dengan demikian maka anak akan merasa senang karena ia bebas mengekspresikan keinginannya.  

MEMBERIKAN APRESIASI HASIL GAMBARAN ANAK

Salah satu cara mengajari anak pandai menggambar untuk mengapresiasi hasil gambaran anak adalah dengan menempelkannya di depan salah satu pintu rumah atau di pintu kulkas. Anak akan menjadi senang karena dia merasa bahwa apa yang dilakukannya di hargai dan di sukai oleh orang tuanya sehingga anak akan menjadi lebih semangat belajar menggambar.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi hasil karya anak adalah dengan menunjukkan gambarannya pada orang atau kerabat yang berkunjung ke rumah. Tunjukkan bahwa kita sebagai orang tua sangat bangga dengan hasil karya sang anak.

Leave a Comment