Cara Menyiasati Anak Pindah Sekolah

Artikel ini akan membahas  cara yang tepat untuk menyiasati anak pindah sekolah. Tips ini berguna untuk anda orang tua yang memutuskan memindahkan anak ke sekolah baru. Sebab pindah sekolah bisa saja bukan hal mudah bagi anak. Ada berbagai tantangan yang akan dia hadapi di lingkungan baru, bertemu teman baru, guru baru dan mungkin sistem belajar yang baru.

Bagi sebagian anak mungkin akan mudah beradaptasi. Namun tidak sedikit pula anak yang merasa berat jika harus pindah sekolah. Di sekolah baru, mungkin dia akan merasa asing, atau malah tidak betah. Beberapa kasus yang terjadi, anak malah jadi enggan bersekolah di sekolah yang baru.

Maka dari itu, jika memang memindahkan sekolah anak menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi atau sebuah keharusan. Cobalah menerapkan tips berikut ini.

Cara Menyiasati Anak Pindah Sekolah

Mungkin terjadi satu kondisi dimana anak anda harus pindah sekolah karena alasan tertentu. Misalnya anda sebagai orang tua pindah tugas kerja maka anak harus pindah sekolah.

 Tentunya, pindah sekolah bukan hal mudah, butuh adaptasi mengingat anak sudah kerasan di sekolahnya yang lama.

Bagi sebagian anak adaptasi juga bukan perkara gampang karena menyangkut mentalnya dalam bertemu suasana, lingkungan, sekolah, guru dan teman teman baru. Bahkan orang dewasa juga perlu waktu jika berada dilingkungan baru.

Ada anak yang mudah beradaptasi ketika pindah sekolah. Ada juga yang merasa cemas, bahkan sulit mengikuti pelajaran di sekolah hingga tidak mau sekolah. Nah berikut ini tiga tips yang bisa dilakukan untuk menyiasati anak pindah sekolah.

1. Tips Menyiasati anak pindah sekolah : Sebelum masuk sekolah baru, ajak anak ikut survei di sekolah baru

Tips menyiasati anak pindah sekolah yang pertama, adalah mengajaknya ikut survei ke sekolah barunya sebelum masuk sekolah. Survei ini membuat anak jadi lebih banyak tahu mengenai bagaimana lingkungan sekolahnya, aturannya dan kegiatan sekolah yang menarik baginya.

Dengan survei, anak akan lebih memahami situasi di sekolahnya yang baru sehingga mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dan akan dengan mudah beradaptasi nantinya sehingga dia betah di sekolahnya yang baru.

2. Tips Menyiasati anak pindah sekolah : Lakukan Pendampingan Setelah Masuk Sekolah Baru

Tips menyiasati anak pindah sekolah baru yang kedua, yaitu dengan melakukan pendampingan pada awal awal ia masuk sekolah. Anda sebagai orang tua juga bisa ajak si kecil agar aktif ikuti kegiatan diluar sekolah (ekstrakulikuler) yang dia sukai. Bisa juga mendukungnya mengikuti acara lain seperti misalnya mendampinginya datang ke undangan ulang tahun teman sekelasnya. Dengan mendampinginya dalam berbagai kegiatan tadi, anak akan mudah dapat teman baru dan lebih mudah menyesuaikan diri di sekolahnya yang baru.

3. Cara menyiasati anak pindah sekolah : Beri anak waktu yang fleksibel untuk beradaptasi di sekolah yang baru

 Tips menyiasati anak pindah sekolah terakhir dalam daftar artikel ini adalah memberi waktu anak yang fleksibel agar dia bisa beradaptasi dengan baik. Jangan ditarget untuk segera menyesuaikan dengan lingkungan baru. Hal ini karena setiap anak butuh waktu yang beda dalam adaptasi.

Jika dipaksakan hasilnya tidak baik. Bisa bisa malah anak enggan bersekolah ditempat baru. Untuk itu, beri dia waktu, pelan pelan saja. Dengan dukungan dan dampingan anda sebagai orang tua. Nanti lama lama dia akan mulai terbiasa dan menyukai lingkungan barunya.

Nah itulah tadi tiga cara menyiasati anak pindah sekolah. Pastikan anda sebagai orang tua selalu memberi dukungan dan dampingan saat masa awal perpindahan ke sekolah baru. Dengan dukungan yang anda berikan, anak anda akan merasa betah mulai belajar di sekolah yang baru.

Leave a Comment