Mengenal Kuliah Diploma Yuuk

Pendidikan adalah seluruh hak warga negara. Dan bagi yang bingung mengenai dana kuliah, pemerintah juga memberikan jalur bidik misi. Kamu hanya tinggal memilih kuliah diploma ataupun sarjana sesuai yang kamu inginkan.

Pengertian Kuliah Diploma

Pendidikan vokasi atau diploma adalah tingkatan pendidikan di perguruan tinggi yang setara dengan sarjana.Akan tetapi kamu juga bisa memilih durasi waktu belajar sesuai yang kamu inginkan misalnya D1,D2,D3 atau D4.

Pemerintah juga mendukung program vokasi lanjutan agar lulusannya memiliki skill yang mumpuni. Bagi yang ingin memilih diploma maka cocok bagi kamu yang lulusan SMA dan lebih banyak menerapkan praktek.

Dan untuk gelar yang diberikan setelah melewati pendidikan D3 maka akan bergelar A.Md atau profesional Madya. Namun jangan kecewa, karena setiap jenjang pendidikan Diploma akan diberi gelar masing-masing.

Keunggulan pendidikan Diploma

Bagi kamu yang masih bingung memilih pendidikan Diploma ataukah sarjana,sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu beberapa perbedaan serta keunggulan pendidikan diploma dibandingkan dengan sarjana.

Sistem pendidikannya lebih mengutamakan praktik

Karena sistem pendidikan diploma lebih banyak prakteknya maka tak salah jika lulusan ini lebih siap kerja dibandingkan dengan sarjana.

Jadi bisa dikatakan ketika kamu mengambil pendidikan diploma maka kurikulumnya dirancang 70% praktek dan 30% teori. Mahasiswa tidak hanya duduk kuliah mendengarkan dosen, namun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk praktek di laboratorium.

Bahkan bukan hanya pratek di laboratorium saja, kamu juga harus melakukan magang. Berbeda jika pendidikan sarjana yang tidak mewajibkan melakukan magang.

Dan itulah mengapa jika mahasiswa lulusan diploma menjadi mahasiswa yang siap kerja karena memiliki pratek kerja yang lebih banyak.

Dunia kerja juga membutuhkan orang yang lebih siap kerja, memiliki keterampilan kerja, bagaimana bekerja dalam tim dan lain sebagainya.

Waktu Pendidikan fleksibel

Bagi orang yang hanay membutuhkan kualifikasi tertentu agar mendapatkan peluang kerja maka bisa memilih pendidikan diplomaa .Dengan memilih jenjang diploma maka kamu bisa mendapatkan pekerjaan tertentu dengan hanya menempuh pendidikan sekitar 2,5-3 tahun saja.

Pilihan jurusan yang beragam

Sebenarnya ini hampir sama dengan pendidikan sarjana. Karena jika kamu memilih pendidikan diploma ini juga bisa memilh jurusan yang beragam. Disini tersedia pilihan jurusan seperti tenaga medis, bisnis dan manajemen, teknologi dan lain-lain.

Namun ternyata ada beberapa jurusan hanya ada di program diploma, seperti jurusan atau prodi akuntansi yang ada di program diploma bermacam-macam, misalnya akuntasi keuangan, akuntansi publik, sistem informasi akuntansi dan lain-lain.

Tetap bisa melanjutkan pendidikan

Jika kamu merasa kurang puas terhadap pendidikan diploma yang sudah kamu raih, maka kamu bisa melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Pada pendidikan yang lebih tinggi, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan gelar seperti magister terapan atau doktor terapan di pendidikan yang lebih tinggi.

Jadi jika kamu ingin kuliah sambil bekerja tentu saja sah-sah saja, karena kamu juga sudah memiliki bekal yang matang saat menempuh pendidikan diploma.

Dan bisa dikatakan juga jika kamu memilih pendidikan diploma maka bisa menjadi batu lonctan bagi yang ingin langsung bekerja setelah kuliah.

Pada pendidikan yang lebih tingi lagi juga tak ada diskriminasi apapun, karena setiap orang juga memiliki hak yang sama untuk mendpatkan pendidikan yang tinggi.

Nah jadi sekarang amu sudah jelas kan mengenai pendidikan Diploma ini? Jadi pilihlah sesuai denagn kemampuan dan kebutuhanmu saat ini dan jangan batasi dirimu hanya dengan memiliki satu kemungkinan saja.

Leave a Comment