Pilih Bimbel atau Guru ke Rumah?

Pada artikel kali ini akan coba dibahas tentang lebih baik memilih bimbel atau mendatangkan guru ke rumah untuk membimbing anak dalam belajar tambahan diluar jam sekolah.

Belajar diluar jam sekolah bagi anak tentunya diperlukan karena dia seorang siswa yang tugasnya belajar. Namun pastinya ada perbedaan antara belajar di kelas dan dirumah.

Belajar di rumah, bisa dilakukan sendiri oleh anak atau dengan dampingan orang tua. Tapi, bisa juga mendatangkan guru les atau mengikutkan anak di kelas bimbel jika anda memang tidak sempat mendampingi anak belajar atau tidak menguasai materi.

Meski demikian, bukan berarti anda sebagai orang tua tidak perlu mengawasi. Anda justru lebih maksimal dalam pengawasan belajar anak ketika dia ikut les. Tapi, mana yang lebih baik bagi anak. Pilih bimbel atau mendatangkan guru ke rumah? Simak selengkapnya artikel ini.

Memilih bimbel atau Guru ke rumah

Belajar adalah hal wajib bagi siswa. Jika anak anda sedang menempuh pendidikan, tentunya perlu diperhatikan agar mereka tetap semangat belajar.

Selain belajar di sekolah, mungkin juga perlu memberinya pelajaran tambahan dengan les agar penguasaan terhadap materi lebih maksimal. Nah, jika memang berencana memberi anak les tambahan diluar jam sekolah, sebaiknya pilih bimbel dengan mendatangi kelas les atau mendatangkan guru ke rumah?

Sebenarnya hal ini tergantung anda dan anak. Maksudnya, keduanya sama sama baik dan punya kelebihan masing masing. Jika memilih memasukan anak ke kelas bimbel, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Misalnya, pastikan bahwa kelas bimbel ini memang kredibel. Dalam arti lembaga bimbel ini sudah bersertifikat. Sehingga bisa benar benar membantu anak anda belajar. Selain itu, juga pastikan bahwa pengajarnya kompeten dan materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik. Mungkin anda juga mempertimbangkan jarak tempuh dan biaya.

Usahakan pilih yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga anda bisa memantau keberadaan anak selama dikelas bimbel. Biaya yang terjangkau bisa juga jadi pertimbangan. Namun bagi orang tua yang tidak terkendala biaya, bimbel mahal pun tidak masalah asalkan benar benar membantu meningkatkan intelegensi anak anda.

Jika anda memilih mendatangkan guru ke rumah untuk membimbing anak anda, ini juga bagus, ada beberapa kelebihan yang didapatkan. Seperti misalnya, pembelajaran lebih maksimal karena dilakukan secara privat di rumah dan pengawasan anda lebih maksimal.

Anda juga lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengantarnya ke kelas bimbel. Anak juga tidak capek karena tinggal belajar di rumah. Biaya transport juga tidak diperlukan.

Dengan mendatangkan guru ke rumah, pembelajaran bisa lebih maksimal. Guru selain mengajari materi yang dibutuhkan juga bisa membantu memecahkan soal soal yang mungkin belum dipahami anak atau membantu anak memahami materi lainya. Anak bisa leluasa menanyakan hal ini ke guru privat.

Tips Penting Saat Memilih Guru Private ke Rumah

Ada beberapa tips penting ketika anda berencana akan mendatangkan guru privat ke rumah untuk membimbing anak anda atau mengirimkan anak anda ke kelas bimbel. Beberapa diantaranya adalah :

1. Piliha guru privat atau lembaga bimbel yang kompeten di bidangnya sehingga anak anda dibimbing secara akademis dengan profesional.

2. Pilih guru privat atau lembaga bimbel yang memberikan pelayanan terbaik dalam pembinaan akademis terhadap anak anda. Misalnya memberikan kurikulum, buku bacaan tambahan, materi berupa audio visual dan lainya, termasuk memberikan sertifikat jika anak dinyatakan lulus mengikuti les.

3. Pilih guru privat yang dalam mengajar menyenangkan. Hal ini akan membuat anak lebih rileks dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga anak lebih nyaman dan mudah menyerap ilmu yang disampaikan. Anak juga akan lebih aktif bertanya atau berdiskusi dengan guru privat jika guru menyenangkan.

Leave a Comment