Tips Mendidik Anak Agar Tidak Mencontek

Pada artikel kali ini akan  dibahas tentang 4 tips mendidik anak agar tidak mencontek. Mencontek yang dimaksud adalah mencontek saat di kelas, mencontek hasil pekerjaan rumah atau PR dari teman atau mencontek saat ulangan.

Mencontek dalam hal ini sangat tidak dianjurkan. Tidak membawa manfaat jangka panjang. Hanya merupakan bentuk ketidakpercayaan diri. Padahal jika mau berusaha siswa seharusnya bisa mengerjakan ulangan atau tugas sekolah sendiri tanpa mencontek.

Lagipula, belum tentu mencontek bisa mendapatkan nilai yang lebih bagus. Jangan jangan yang dicontek malah tidak lebih baik. Sehingga hal ini akan merugikan diri sendiri. Selain nilai jadi jelek, jika ketahuan menyontek oleh guru akan kena hukuman. Tentunya anak anda tidak ingin dihukum di sekolah karena mencontek bukan? 

Maka dari itu, jangan biarkan budaya mencontek  terjadi pada anak di sekolah. Sebagai orang tua, anda harus berusaha mencegah anak mencontek. Beberapa tips berikut ini mungkin berguna bisa anda terapkan agar anak tidak mencontek.

4 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Mencontek

Mencontek hasil pekerjaan teman saat ulangan atau mencontek PR adalah tidak baik. Untuk itu, mom perlu mendidik anak agar tidak melakukan hal ini dengan empat tips berikut ini.

 Selain akan kena skors oleh guru kalau ketahuan, mencontek juga bisa membuat anak atau siswa tidak kreatif, pemikirannya tidak berkembang yang tidak hanya berdampak buruk dalam bidang akademis, tapi juga dalam bidang lainya.

Berikut ini 4 tips mendidik anak agar tidak mencontek yang bisa mom praktekan. Simak selengkapnya berikut ini :

1. Beri Pemahaman Mencontek Tidak Baik

Tips pertama mendidik anak agar tidak mencontek adalah mom harus memberikan pemahaman kepadanya bahwa mencontek itu buruk. Beri si kecil penjelasan dampak akibat mencontek, misalnya, kalau ketahuan guru akan di skors atau dihukum. Selain itu, beri dia pemahaman bahwa mengerjakan sendiri apapun tugas sekolah itu lebih baik  akan membuatnya menjadi paham dan lebih pintar. Dengan cara ini, anak akan berpikir risiko mencontek ternyata besar sehingga dia berusaha menghindarinya.

2. Dengan memintanya duduk dibangku paling depan saat dikelas

Tips kedua mendidik anak agar tidak mencontek, adalah meminta anak anda duduk dibangku saat dikelas. Ini akan menghindari potensi mencontek karena posisinya dekat dan terpantau oleh guru. Hal ini tentunya membuat anak tidak berani mencontek takut ketahuan. Sehingga lama lama, akan terbiasa mengerjakan tugas sendiri. Duduk dibangku depan juga membuatnya lebih fokus menyimak materi yang disampaikan guru sehingga lebih mudah menyerap materi.

3. Membantunya Untuk Materi yang belum dipahami

Tips ketiga mendidik anak agar tidak mencontek adalah mom harus membantunya memahami materi pelajaran yang belum dipahami. Mom bisa terlibat dalam pembelajaran dirumah, menanyakan mana yang belum paham, lalu coba bantu berikan pemahaman. Jika perlu, beri anak anda les tambahan. Bisa mengirimnya ke kelas bimbel atau mendatangkan guru ke rumah. Dengan cara ini, anak anda tidak akan mencontek karena telah mendapatkan pemahaman tambahan mengenai materi yang dia belum paham sebelumnya. Karena biasanya mencontek adalah tindakan kepepet karena tidak mengetahui jawaban dari soal.

4. Memberinya Apresiasi

Setelah beberapa tips di atas diterapkan agar anak tidak mencontek. Mom perlu memberikan apresiasi kepadanya. Apresiasi bisa berupa dukungan dan motivasi atau memberinya hadiah karena tidak mencontek dan belajar lebih rajin. Janjikan dan tepati janji mom untuk memberikan hadiah kesukaannya jika dia tidak mencontek, seperti hadiah sepeda, atau liburan ke tempat yang dia suka. Cara ini akan membuat anak senang sehingga dia tidak akan mencontek dan dia akan belajar lebih rajin.

 Nah itulah tadi 4 tips cara mendidik anak agar tidak mencontek. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment