Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Memasuki musim kelulusan siswa SMA, banyak diantara mereka yang berjuang untuk mengikuti SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri guna mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. Namun, tidak semua beruntung bisa lulus ujian. Tetap tenang, karena masih ada peluang lain jika masih ingin berbisnis dan masih banyak PTS terbaik di Indonesia.

Gagal masuk perguruan tinggi negeri bukan berarti gagal harapan kuliah di jenjang yang lebih tinggi. Perguruan tinggi swasta (PTS) bisa menjadi solusinya, karena dilihat dari perkembangan perguruan tinggi di Indonesia yang ke depan akan berkembang dan menunjukkan kualitas yang luar biasa. Termasuk PTS yang selalu berlomba-lomba tampil dalam penampilan paling mumpuni dan profesional.

Sistem pendidikan yang dimiliki PTN dan PTS tidak jauh berbeda, karena status BUMN dan swasta hanya perbedaan jalur seleksi masuk saja dan juga untuk PTN ada hubungan dengan pemerintah Indonesia. Jadi, PTS tidak perlu dipandang sebelah mata sebagai kampus kelas dua setelah perguruan tinggi negeri.

Di bawah ini beberapa rekomendasi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi tempat studi lanjut.

1. Universitas Islam Indonesia

Rekomendasi pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Universitas swasta ini didirikan pada Juli 1945 di Yogyakarta sebulan sebelum kemerdekaan Indonesia. Universitas Islam Indonesia memiliki gedung terpisah dan tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta. Belajar disini akan terasa sangat nyaman, karena selain dekat dengan keramaian turis termasuk kulinernya yang nikmat, udara di kawasan UII sangat sejuk dan dingin.

Kemudian gedung induk kampus UII yang terletak di Jl. Kilometer Kaliurang 14.5. UII memiliki sembilan fakultas dengan puluhan program studi yang dapat dipilih, termasuk Agama Islam yang setiap tahunnya semakin diminati. Sehingga akan sangat cocok jika anda ingin memperdalam ilmu islam melalui ceramah.

2. Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta

Perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Indonesia adalah Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, dimana kampus ini memiliki dua gedung perkuliahan yang terletak di Semanggi, Jakarta Selatan dan Pluit, Jakarta Utara. Namun, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta memiliki gedung induk di Semanggi, Jakarta Selatan. Tidak hanya di wilayah Jakarta, Universitas ini juga telah mendirikan beberapa kampus lain sebagai kerjasama di beberapa daerah, seperti Yogyakarta dan Makassar.

4. Telkom University

Tidak hanya di Jakarta, karena di Bandung juga terdapat PTS terbaik di Indonesia yaitu Telkom University. Kampus ini terletak di daerah Buahbatu, Bandung, Jawa Barat dimana kampusnya diawasi langsung oleh PT. Telekomunikasi Indonesia. Universitas Telkom saat ini menjadi anggota dari empat institusi pendidikan, yaitu IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan juga Sekolah Menengah Seni Rupa dan Desain Telkom Indonesia. Kampus ini memiliki program studi unggulan yaitu teknologi telekomunikasi.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Rekomendasi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Katolik Parahyangan yang terletak di Bandung Jawa Barat. Unika Parahyangan bisa dikatakan sebagai ITS yang bergengsi setelah Telkom University di atas. Bagi yang ingin mengambil program studi ekonomi dan bisnis, tempat ini sangat cocok, karena Fakultas Ekonomi merupakan yang terbaik dan favorit di Unika Parahyangan.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya ada Universitas Muhammadiyah Malang (UM Malang) yang merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang biasa disebut kampus putih, karena dominasi warna putihnya. Ada tiga gedung di UM Malang yang terletak di Jl. Bandung sebagai gedung induk, JL. Bendungan Sutami, dan Jalan Raya Tlogomas. UM Malang telah membuka program sarjana, magister, doktoral serta pendidikan profesi.

Leave a Comment