Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Membahas tentang urutan Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia tentunya akan sangat membantu bagi anda para pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Diskusi seperti ini bertujuan untuk memudahkan mencari pekerjaan di masa depan dan dalam jangka panjang. Apalagi bagi siswa yang akan lulus SMA pasti saat ini sibuk mencari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dengan membaca beberapa referensi perguruan tinggi di Indonesia.

QS World University Rankings belum lama ini merilis data pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia. QS World University Rankings merupakan kegiatan publikasi rutin yang dilakukan setiap tahun untuk menentukan pemeringkatan universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Tahun ini, diketahui ada sekitar 22 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk daftar penelitian. Di bawah ini adalah beberapa universitas terbaik dalam peringkat universitas terbaik di Indonesia tahun ini.

1. Universitas Indonesia

Peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI). Perguruan tinggi ini terletak di daerah perbatasan kota Depok dan juga Jakarta, namun banyak orang yang sering mengatakan bahwa Universitas Indonesia adalah universitas yang ada di Jakarta. Universitas negeri yang terletak di Jakarta ini pertama kali berdiri pada tahun 1849.

Kemudian Universitas Indonesia juga sempat merajai dunia pendidikan tinggi di Indonesia, karena UI sempat beberapa kali menduduki peringkat pertama dari pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia seperti saat ini. Pada tahun 2019, UI menduduki peringkat 57 di Asia, tahun lalu UI menempati peringkat 54 di Asia.

2. Institut Teknologi Bandung

Kemudian untuk perguruan tinggi kedua adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di Jawa Barat. Biasanya orang menyebutnya dengan ITB yang merupakan singkatan dari Institut Teknologi Bandung. Universitas Negeri di Bandung ini unggul dalam bidang pengembangan teknik keilmuan dan merupakan universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung berdiri sejak tahun 1959 dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dengan tetap menjaga kualitasnya sebagai PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019, ITB menduduki peringkat 73 di Asia yang tahun lalu menduduki peringkat 65 di Asia.

3. Universitas Gadjah Mada

Daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Perguruan tinggi negeri ini terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di daerah Sleman dimana universitas negeri ini berdiri sejak tahun 1949.

Hampir sama dengan Universitas Indonesia, hanya saja UGM juga kerap menempati posisi pertama PTN terbaik se-Indonesia. Pada tahun 2019, Universitas Gadjah Mada berhasil naik peringkat dan menduduki peringkat ke-74 se-Asia, dimana tahun lalu UGM menduduki peringkat ke-85 se-Asia.

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) sama dengan Institut Teknologi Bandung karena terletak di Jawa Barat. Namun, IPB terletak di wilayah Kota Bogor dan Institut Pertanian Bogor lebih fokus pada pertanian meskipun banyak departemen non-pertanian di sana. IPB juga kerap masuk sepuluh besar dalam urutan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, seperti tahun ini.

Institut Pertanian Bogor pertama berdiri pada tahun 1963 di Bogor, Jawa Barat tepatnya pada awal September. IPB saat ini menduduki peringkat 199 di Asia, yang tahun lalu menduduki peringkat 171 di Asia.

5. Universitas Airlangga

Urutan perguruan tinggi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang tepatnya terletak di Surabaya yaitu Universitas Airlangga (UNAIR). UNAIR berhasil masuk dalam peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia tahun ini dan universitas ini telah diakui oleh banyak orang karena kredibilitas dan moralitasnya yang tinggi. Universitas Airlangga berdiri pertama kali pada 10 November 1954. Saat ini UNAIR menduduki peringkat 199 se-Asia, yang tahun lalu menduduki peringkat 171 se-Asia.

Leave a Comment